0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ganjar Pranowo Lawan Sudirman Said Berebut Suara Santri?

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah agaknya bakal menjadi ajang perebutan suara kalangan pesantren. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) baru saja mengumumkan pasangan Ganjar dengan wakil Taj Yasin Maimun. Tokoh yang akrab dengan kalangan pesantren. Di lain pihak, Sudirman Said juga disebut-sebut melirik calon wakilnya dari kalangan Nahdliyyin.

“Ciri-cirinya dari kalangan santri, ulama, dari Nahdlotul Ulama. Siapa namanya sudah mengerucut. Tapi saya tidak bisa sampaikan karena bukan wewenang saya,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi Muktamar Jakarta, Sudarto, Sabtu (6/1).

Ia mengatakan wewenang mengumumkan nama calon pasangan Sudirman Said berada di tangan partai pengusung. Sementara partainya, meski sepakat memberi dukungan kepada Sudirman Said, belum memenuhi syarat administratif karena belum mendapat pengesahan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kita tidak mengusulkan individu. Hanya kriteria yang tadi saya sebut itu saja. Dan Alhamdulillah Pak Sudirman Said siap mengakomodasi,” kata dia.

Jika kriteria yang diajukan PPP pimpinan Djan Faridz ini benar-benar terwujud, artinya kedua pasangan sama-sama menyasar kalangan pesantren. Seperti diketahui, Taj Yasin Maimun atau akrab dipanggil Gus Yasin adalah putra dari KH Maimun Zubair, ulama karismatik yang terpandang di kalangan Nahdliyin dan pesantren. Sementara Sudarto mengatakan calon wakil yang akan disandingkan dengan tokoh NU bergelar “Gus”.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge