0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pre-Even IGF 2018, Gamelan Tak Sebatas Alat Musik

Pre-Even IGF 2018 yang diadakan di Plasa Sriwedari (timlo.net/achmad khalik)

olo — Lantunan gending yang dimainkan dengan alat musik jawa seperti gong, kenong, gamelan terdengar terdengar merdu di gelaran Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (7/1) pagi. Alat musik yang dimainkan oleh para seniman ini menandai penyelenggaraan pre-event Internasional Gamelan Festival (IGF) yang bakal diadakan pada Bulan Agustus mendatang.

“Kegiatan ini menandai pre-even diadakannya IGF pada pertengahan tahun nanti,” terang panitia kegiatan, Mukhlis Anton Nugroho saat ditemui Timlo.net.

Dalam pre-even yang diselenggarakan, menghadirkan tiga penampil. Diantaranya paguyuban Gamelan dari Kelurahan Joyosuran, mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) dan perwakilan kelompok seni dari SMP Negeri I Solo.

Menurut Mukhlis, festival gamelan yang bakal digelat nanti akan berbeda dengan even serupa yang pernah diselenggarakan. IGF tak hanya sebatas menghadirkan maestro gamelan untuk menunjukkan kehandalam mereka dalam mengolah instrumen musik tersebut di hadapan khalayak masyarakat. Akan tetapi, lebih mendasar lagi kepada kebudayaan serta pelestarian alam musik khas Jawa itu.

“Kalau pengen ngomongin gamelan, Solo ini kiblatnya. Kita akan gali potensi, sejarah dan apapun dari alat musik tradisional itu,” jelas Mukhlis.

Pihaknya berharap, dengan diadakannya pre-even jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan IGF, mampu mengulik rasa penasaran masyarakat. Dengan begitu, mereka yang sudah merasa penasaran dapat mendatangi sekaligus mengikuti kegiatan untuk mengetahui lebih jauh terkait alat musik warisan leluhur bangsa ini.

“Harapannya masyarakat tertarik dan dapat mengetahui seluk beluk tentang alat musik gamelan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge