0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penutupan Rute Solo-Kuala Berdampak di Sektor Wisata

AirAsia (Dok. Timlo.net/ Setyo Pujis)

Solo – Rencana penutupan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Air Asia dipastikan akan berdampak kapada sektor pariwisata. Pasalnya, sumbangan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Solo selama ini lebih banyak didominasi dari warga Negara Malaysia.

“Pasti akan berdampak kepada sektor pariwisata. Apalagi selama ini rute Solo- Kuala Lumpur merupakan satu-satunya rute internasional yang dilakukan secara direct flight dari Adi Soemarmo yang dapat mengakomodasi kebutuhan wisatawan,” ujar Ketua Asita Soloraya, Daryono kepada Timlo.net, Sabtu (6/1).

Padahal potensi yang bisa digarap dengan adanya rute tersebut menurutnya cukup besar, terutama dalam meningkatkan branding kota Solo. Pasalnya sumbangan wisman terbesar di Solo sekarang ini lebih banyak didominasi dari warga Negara Malaysia.

Namun sayangnya, keseriusan pemerintah sendiri dalam memaksimalkan potensi itu dianggapnya masih cukup minim. Terlebih timing pemberangkatan yang dilakukan Air Asia selama ini juga dinilai kurang pas, karena berlangsung pada sore hari.

“Penutupan rute Solo-Kuala Lumpur saya kira bukan hanya kali ini saja. Jadi harapan kami kalau ke depan ada maskapai ingin buka lagi supaya jadwalnya diubah menjadi pagi hari. Karena pasti minatnya wisatawan akan berbeda,” jelasnya.

Menyikapi kondisi itu, Asita sebagai asosiasi yang bergerak di sektor pariwisata akan coba memanfaatkan alternatif lain agar kunjungan wisatawan ke Solo tidak semakin surut. Salah satunya melalui pemaksimalan potensi Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar) yang saat ini sudah dijadikan sebagai single destination.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge