0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antisipasi Berita Hoax, Polres Pantau Medsos

TNI Polri siap amankan pelaksanaan Pilgub Jateng di Boyolali (foto: Nanin)

Boyolali – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jateng Juli mendatang, masyarakat dihimbau untuk menyaring informasi palsu atau berita hoax. Himbauan ini dilakukan agar kondisi tetap kondusif.

“Informasi jangan langsung dipercaya, informasi hoax harus diwaspadai,” kata Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, Sabtu (6/1).

Untuk itu, pihaknya telah membentuk Satgas yang nantinya akan melakukan pengawasan terkait informasi yang berkembang di masyarakat. Salah satu tugas satgas, juga memonitor informasi yang berkembang di media sosial (medsos), terutama yang berisi ujaran kebencian atau SARA.

Di sisi lain, Kapolres mengakui dalam semua masa tahapan pemilu hingga pencoblosan, biasanya akan banyak kerawanan dan pelanggaran. Pelanggaran ini biasanya semua pihak berpotensi melakukan, termasuk aparat yang tidak netral.

“Untuk anggota Polri sudah kita tekankan untuk selalu netral, jangan lakukan tindakan yang kontraproduktif,” imbuhnya.

Terkait penindakan pelanggaran pidana Pemilu yang diproses melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), lanjutnya, berdasarkan regulasi yang baru, penyidik kepolisian dan kejaksaan, yang perannya melekat di Panwaslu, punya lima hari untuk memproses perkara untuk selanjutnya dikirim ke kejaksaan.

Sementara agar penindakan berjalan efektif, penyimpulan apakah laporan pelanggaran yang masuk pelanggaran pidana pemilu atau tidak akan ditentukan di gelar perkara awal menimbang saksi dan alat bukti.

“Yang paling penting, segera memberi kepastian hukum bagi pelapor maupun terlapor,” imbuhnya.

Di sisi lain, Dandim 0724/Boyolali, Letkol Kav Nova Mahanes Yudha menyampaikan pihaknya siap menjaga netralitas. Khusus untuk anggota TNI, akan dilakukan pengawasan internal. Anggota yang ketahuan melakukan pelanggaran tidak netral akan ditindak tegas.

“Komitmen kita Pilgub berjalan aman dan lancar, kita siap backup kepolisian,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge