0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jalur Pendakian Merbabu Ditutup Sementara

Gunung Merbabu terlihat dari New Selo Lencoh (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup jalur pendakian Gunung Merbabu selama sebulan. Penutupan jalur pendakian diberlakukan mulai 1 Januari hingga 28 Februari 2018.

“Kita tutup selama sebulan, untuk pemulihan ekosistim di Kawasan Gunung Merbabu,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM), Edy Sutiyarto, Sabtu (6/1).

Terkait hal ini, BTNG Merbabu telah mengeluarkan surat edaran (SE) dengan nomor SE.03/T.35/TU/MANF/2018 ditandatangani 5 Januari itu tentang penutupan sementara jalur pendakian gunung merbabu. Diakui Edi, penutupan sementara jalur pendakian rutin dilakukan sebagai upaya untuk pemeliharaan atu pemulihan kawasan Gunung Merbabu.

“Istilahnya istirahat dari aktivits apapun di Kawasan Merbabu, sekaligus ini juga untuk keselamatan para pendaki,” tambahnya.

Pihaknya berharap masyarakat bisa mematuhi SE tersebut dan tidak melakukan pendakian dulu ke gunung Merbabu sementara waktu di bulan Februari 2018 mendatang.

“Bagi yang ingin mendaki gunung, bisa beralih ke gunung lainnya,” sarannya.

Di gunung Merbabu yang berada di wilayah Jawa Tengah ini, terdapat lima pintu jalur pendakian. Yaitu jalur Selo, di Dukuh Genting, Desa tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali. Jalur Suwanting di Dukuh Suwanting, Desa Banyuroto.

Kemudian jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Desa Kopeng; jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur dan jalur Wekas, Dukuh Kedakan, Desa Kenalan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge