0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple Kembangkan Teknologi Untuk Perkecil Ukuran Video Streaming

Logo Apple. (ubergizmo. )

Timlo.net—Ukuran berkas video bisa cukup besar terutama jika resolusinya tinggi. Resolusi video yang lebih tinggi membuat video terlihat lebih tajam. Tapi hal ini berarti diperlukan kuota data yang lebih besar bila video itu diakses online. Akhirnya, pengguna boros kuota internet. Akan tetapi Apple ingin menolong mengatasi hal ini.

CNET memberitakan jika Apple baru-baru ini bergabung dengan the Alliance for Open Media. Mereka menggarap teknologi disebut AV1 untuk menolong mengkompres video online sebelum distreaming. Tujuan akhirnya adalah memperkecil ukuran video yang distreaming.

Mozilla yang sempat mendukung versi awal teknologi itu berkata jika AV1 bisa memotong ukuran video 25-35 % lebih kecil dibandingkan teknologi lagi seperti HEVC dan VP9. Sebelum Apple bergabung, perusahaan teknologi lain seperti Google, Microsoft, Amazon dan Facebook sudah terlebih dulu bergabung.

Dengan bergabungnya Apple, kehadiran perusahaan tentunya bisa menolong usaha pengembangan teknologi itu. Apple sendiri tidak berkomentar terkait aliansi itu. Tapi Matt Frost, kepala strategi media dan kerjasama untuk tim Chrome, milik Google berkata, “Jelas ini adalah sebuah perkembangan yang cukup signifikan dan sebuah tanda waktu berubah dan kegigihan menghasilkan buah.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge