0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Fiola, Lampu Pengubah Mood

Lampu pengubah mood (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Salah satu hasil karya mahasiswa program studi Elektro yang dipamerkan pada Pameran Proyek Kreatif Prodi Teknik Elektro UNS, di Loby Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (5/1) adalah Fiola. Fiola adalah kependekan dari Wifi Mood Lamp.

“Saya bikin alat ini untuk mengubah mood seseorang. Menurut penelitian psikologi warna, kalau seseorang sedang sedih mood-nya bisa lebih baik kalau melihat warna-warna yang cerah. Biar teman-teman selalu bahagia meskipun banyak tugas,” ungkap Rilo Pambudi pencipta Fiola kepada wartawan.

Alat ini, menurut Rilo, berupa lampu yang bisa berubah warna sesuai dengan keinginan pengguna. Dikontrol melalui smartphone dengan koneksi wifi. Jutaan format warna RGB akan menjadi moodbooster di kala stress melanda.

Rilo mengungkapkan cara kerjanya. Smartphone mengirim sinyal berupa nilai RGB ke mikrokontroler melalui koneksi wifi. Wifi digunakan karena jangkauannya lebih luas daripada bluetooth. Sinyal akan diteruskan ke LED strip dan warna akan terpancarkan.

“Alat ini cocok dipakai saat menemani belajar atau sebagai lampu tidur. Ada warna-warna tertentu yang membantu kita untuk lebih tenang. Warnanya disesuaikan dengan keinginan hati pengguna,” jelas Rilo, mahasiswa semester 3 Tehnik elektro UNS ini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge