0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pasukan PAM Pilkada Disiagakan

Gelar pasukan PAM Pilkada di Karanganyar. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Apel pasukan operasi mantap praja candi 2018 digelar di Mapolres Karanganyar, Jumat (5/1). Operasi itu dalam rangka pengamanan Pilkada serentak.

“Apel gelar ini bermaksud mengecek pasukan dalam rangka kesiapan mendukung tugas pengamanan Pilkada serentak untuk mengetahui tingkat kesiapan baik perorangan maupun satuan serta alat perlengkapan yang digunakan sewaktu dibutuhkan dan dapat digerakkan secara cepat sesuai kebutuhan,” kata Kapolres AKBP Henik Maryanto kepada wartawan.

Polres Karanganyar menyiapkan 530 personil, ditambah 100 personil dari TNI, satu SSK Brimob ditambah anggota Linmas. Para personil ini, lanjut kapolres, akan disiagakan dalam setiap tahapan pilkada yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sasaran pengamanan termasuk penyelenggara pemilu, yakni komisioner KPUD dan Panwaslu. Keselamatan mereka menentukan keberhasilan pemilu. Selain itu, aparat juga bertugas menjaga keselamatan calon kepala daerah.

“Sejauh ini baru Pak Juliyatmono (petahana) yang mengurus SKCK (salah satu syarat pencalonan di KPU). Yang lainnya belum ada yang mengurus itu. Jadi untuk pengamanan calon, baru beliau yang sudah dipastikan mendapat perlakuan itu,” katanya.

Desk pengamanan Pilkada telah dimulai sejak akhir 2017 dengan menjaga secara bergiliran kantor KPUD. Kapolres mengikuti dinamika pemilu untuk menentukan perkuatan personelnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge