0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Tahun Politik, Polres Sragen Terjunkan 687 Personel

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada dan Pilkades serentak Polres Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Polres Sragen akan mengedepankan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas dalam menghadapi tahun politik 2018 mendatang. Masyarakat diharapkan menjadi polisi bagi dirinya sendiri untuk menjaga keamanan wilayahnya.

“Pada intinya masyarakat sebagai koor utamanya. Masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri, sehingga menciptakan keamanan di wilayah masingmasing,” kata Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, Jumat (5/1).

Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Praja Candi 2018 di Mapolres setempat, Arif menyampaikan, Kabupaten Sragen tahun 2018 ini akan menghadapi pesta  politik pemilu yang cukup besar. Tidak hanya berlangsungnya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah Juni mendatang, namun juga akan berlangsung Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 167 Desa.

Kapolres Sragen mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan konsep pengamanan untuk menghadapi tahun politik. Salah satunya dengan Apel Gelar Pasukan bersama TNI, Linmas dan berbagai instansi terkait.

Sementara konsep pengamanan yang akan dilakukan berupa preentif, preventif dan penegakan hukum dengan menerjunkan intelejen dan babinkamtibmas. Konsep pengamanan tersebut Pilgub Jateng. Sementara untuk Pilkades serentak di 167 Desa, pihaknya menerapkan fungsi pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas.

Sementara jumlah personel yang disiagakan dalam menghadapi tahun politik tersebut sebanyak 2/3 atau 687 orang. Selain itu juga pihaknya juga akan dibackup satuan setingkat kompi dari TNI, Linmas dan Satgas Ormas.

“Anggota keamanan khususnya dari Polri harus menjaga netralitas. Jika sampai ada anggota yang menjadi tim sukses atau tidak netral sanksi akan kita beri sanksi tegas,” jelas Arif Budiman.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge