0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Buru Pengemudi Speedboat Maut

Pencarian korban speedboat tenggelam (merdeka.com)

Timlo.net – Sebelas korban speedboat yang tenggelam akibat diterjang ombak di perairan Tanjung Sare, Banyuasin, Sumatera Selatan, bisa ditemukan.

Di satu sisi, polisi masih memburu pengemudi speedboat. Pelaku berinisial AD, diketahui kabur usai kejadian.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengungkapkan, saat ini pihaknya baru mengamankan kernet speedboat berinisial JM yang kini sudah ditahan di Mapolair Polda Sumsel. JM bisa saja ditetapkan sebagai tersangka jika turut terlibat.

“Pengemudinya masih kita kejar. Dia kabur setelah kejadian,” ungkap Zulkarnain, Jumat (5/1).

Menurut dia, terdapat dugaan kelalaian yang dilakukan pengemudi speedboat ‘Awet Muda’ naas itu. Sebab, kapal tidak dilengkapi dengan peralatan pelayaran, seperti pelampung.

“Bisa kita kenakan Pasal 359 KUHP dan undang-undang pelayaran. Yang penting pengemudinya kita tangkap dulu,” ujarnya.

Informasi dihimpun, sebelum kecelakaan terjadi, speedboat yang membawa 55 penumpang itu sempat mati mesin sekitar 30 menit sebelum kejadian. Setelah terombang-ambing di sungai cukup lama, kernet berhasil memperbaiki dan kapal melaju.

Di TKP, mesin kapal rusak kembali. Saat itulah, ombak setinggi satu meter menghantam kapal dari belakang. Kapal pun tenggelam perlahan-lahan. Penumpang panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan cara keluar dari jendela kapal.

Sebanyak 42 penumpang berhasil selamat dengan berenang ke pinggiran sungai yang dipenuhi pohon bakau. Dua penumpang, bapak dan anak, tewas di lokasi. Sedangkan sebelas penumpang lainnya hilang dan baru ditemukan dalam keadaan tewas dua hari setelah kejadian.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge