0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sambut Tahun Politik, KSMS Pentaskan Lakon Dewabrata

Pentas Ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mengawali tahun 2018, Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) bakal mementaskan lakon Dewabrata. Pentas akan digelar di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, Sabtu (6/1) malam.

Koordinator KSMS Tatak Prihantoro menjelaskan, lakon yang diangkat untuk turut serta mengedukasi masyarakat sambut tahun politik 2018, di antaranya dilaksanakannya Pilkada di Jawa Tengah.

“Lakon Dewabrata ini disadur dari kisah epos Mahabarata, dan sering diangkat sebagai lakon wayang. Dengan sutradara pemain senior KSMS, Eko Sutarno,” ungkapnya, Jumat (5/1).

Sementara itu, Sutradara KSMS Eko Sutarno memaparkan, kisah berawal dari keinginan Raja Hastinapura Sentanu  menyunting Dewi Setyawati sebagai garwo Prameswari. Namun meminta syarat nanti anaknya bisa menjadi Raja di Hastinapura.

“Hal ini membuat Sentanu bimbang, sampai jatuh sakit, karena sudah memiliki anak laki-laki, Dewabrata, calon pengganti dirinya,” paparnya.

Mendengar hal itu, Dewabrata menyampaikan ke ayahda, bila ikhlas nantinya kedudukan calon raja diserahkan ke adiknya yang lahir dari Dewi Setyawati. Untuk menyakinkan niat tersebut agar tidak menumpahkan darah, karena perang saudara. Dewabrata dihadapan Dewi Setyawati bersumpah tidak akan menikah seumur hidupnya.

“Pelajaran moral dari lakon ini, mudah-mudahan pesta demokrasi 2018 dan 2019, berjalan aman lancar, bisa mencontoh sikap dan kedewasaan Dewabrata yang tidak berambisi meraih kekuasaan. Dengan menghalalkan segala cara. Namun bersedia  meletakkan ambisi pribadi dan lebih memilih persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara,” tandas Eko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge