0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

SBY Ingatkan KPU Bisa Jaga Integritas

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (merdeka.com)

Timlo.net – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan kepada penyelenggara Pemilu dan Pilkada khususnya KPU terkait kemungkinan adanya upaya jahat menggagalkan pelaksanaan Pemilu. Hal ini harus diantisipasi KPU dan jajarannya.

“Di era teknologi digital bisa saja terjadi kejahatan yang bisa menggagalkan Pemilu seperti pembobolan dan perusakan sistem informasi KPU,” terangnya di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Cibinong, Jumat (5/1).

“Puncaknya hasil pemungutan suara bisa dimanipulasi dan diubah. KPU harus bisa mencegah dan mengatasinya jika gangguan seperti ini terjadi,” tambah SBY.

Dalam kesempatan itu, SBY meminta KPU dan penyelenggara Pemilu dan Pilkada lainnya agar menjaga integritas dan kualitas kinerjanya. Pasalnya Pilkada maupun Pemilu memiliki tantangan dan kompleksitas yang tinggi.

Apalagi 2018 menjadi pelaksanaan Pilkada serentak dengan peserta terbanyak. Pada 2019 Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden-Wapres juga mulai dilakukan serentak.

“Karenanya semua penyelenggara Pemilu baik jajaran KPU, Bawaslu, DKPP harus merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan semua kegiatan Pilkada dan Pemilu tersebut dengan baik,” jelasnya.

SBY mengingatkan jangan sampai terjadi kesalahan apalagi melanggar hal-hal prinsipil. Semua penyelenggara harus cakap dan memiliki integritas serta siap bekerja dengan intensitas tinggi.

“Jika ada masalah serius KPU harus mampu melakukan manajemen krisis sehingga persoalan dapat diatasi dengan baik,” pesannya.

KPU juga sering dicurigai melakukan kolusi dengan pihak-pihak tertentu. Untuk itu KPU harus transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Setiap langkahnya harus bisa diikuti oleh masyarakat luas,” tutupnya.

[ded]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge