0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penipuan Jamaah Umroh, Polisi Buru Aset Bos Hannien Tour

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sejumlah aset milik biro perjalanan umroh PT Usmaniyah Hannien Tour terus dilacak oleh Satreskrim Polresta Solo. Polisi berharap aset yang dimiliki pelaku penipuan dan penggelapan ratusan calon jamaah umroh tersebut mampu mengembalikan uang para korban.

“Kami masih ungkap aset yang mereka miliki dari penyidikan yang dilakukan terhadap tersangka,” terang Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi, di Solo, Jumat (5/1) siang.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan, polisi berhasil mengendus sejumlah aset yang dimiliki oleh tersangka yang telah diringkus oleh aparat. Diantaranya enam buah mobil, sebuah rumah, Ruko, serta uang yang telah disetorkan ke salah satu maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia. Meski begitu, aset yang dimiliki tersebut tidak dapat dikuasai lantaran pembayaran dari sejumlah aset tersebut masih kredit.

“Untuk mobil saat ini dikuasai leasing lantaran tersangka tidak melunasi pembayaran pembelian mobil operasional tersebut. Aset rumah juga sama, tersangka hanya membayar uang muka senilai Rp 100 juta tapi tidak melunasi biaya pembayaran. Jadi rumah juga disita pengembang. Sedangkan, untuk uang yang telah disetor ke sebuah maskapai penerbangan untuk keberangkatan umroh juga diprediksi akan hangus,” jelas Kasat.

Meski begitu pihaknya akan terus menelusuri keberadaan aset yang masih dimiliki. Tidak menutup kemungkinan, uang calon jamaah umroh tersebut masih digelapkan oleh tersangka.

“Pokoknya masih kami buru terus. Korbannya sangat banyak, ini masih di Solo saja. Belum yang sembilan cabang lain yang dibuka oleh pihak Hannien Tour,” kata Kasat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge