0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tiga Orang Spesialis Pencuri Truk Ditangkap

Tiga pencuri spesialis pencuri truk (merdeka.com)

Timlo.net — Jajaran Reskrim Polres Sleman berhasil membekuk tiga orang pelaku pencurian spesialis truk pasir. Ketiga pelaku ini melakukan modus pencurian dengan berpura-pura memesan pasir pada sopir truk pasir. Setelah bertemu, pelaku mengajak sopir truk pasir minum kopi yang sebelumnya sudah dicampuri obat penenang.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Rony Are Setia menuturkan ketiga pelaku yang ditangkap berinisial BS (33) Warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, AG (34) asal Surakarta, Jawa Tengah dan BR (35) warga Sukoharjo, Jawa Tengah. Ketiganya diamankan di tempat yang berbeda. BS dan BR ditangkap di Terminal Daleman, Klaten sedangkan AG di Margoyoso, Pati.

“Jadi pelaku ini modusnya dengan pura-pura memesan pasir. Setelah memesan, para pelaku meminta korban agar mengirimkan pasir kesuatu tempat yang sudah mereka persiapkan sebelumnya. Sesampainya di lokasi, korban oleh para pelaku diminta istirahat dan disuguhi segelas kopi. Sebelumnya kopi tersebut oleh para pelaku telah dicampur dengan obat penenang,” katanya, Kamis (4/1).

Rony menyampaikan usai korban tertidur karena minum kopi yang sudah dicampuri obat penenang, pelaku pun membawa lari truk korban. Para pelaku lantas mendatangi sebuah bengkel untuk mengubah fisik truk. Perubahan fisik truk, disesuaikan dengan surat dokumen Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang telah dimiliki oleh salah satu tersangka.

“Kemudian truk yang telah diubah ini dijual. Dari keterangan pelaku diketahui BPKB yang digunakan didapat dari tempat lelangan. Ketiga pelaku sendiri memiliki peran masing-masing. BS sebagai otak pencurian, membeli dokumen BPKB dan membeli obat penenang. AG sebagai eksekutor memasukkan obat penenang dan membawa truk setelah korban tertidur. BR bertugas memesan pasir, memesan kontrakan sebagai tempat menurunkan pasir,” urai Rony.

Dia menambahkan, para pelaku merupakan pencuri spesialis truk. Para pelaku, kata Rony memiliki sindikat tertentu. Di wilayah Sleman, ketiga pelaku mengaku baru sekali melakukan pencurian truk. Tetapi di daerah lain dimungkinkan para pelaku kerap melakukan aksi pencurian.

“Dari tangan para pelaku kami berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit truk, satu STNK, satu buku uji berkala, foto copy BPKB, foto copy cek fisik kendaraan dan satu unit mobil,” tutur Rony.

[fik]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge