0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Letjen Agus Kriswanto Pangkostrad, Mayjen Andika Perkasa Dankodiklat

Hadi Tjahjanto (merdeka.com)

Timlo.net — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akhirnya menunjuk Pangkostrad pengganti Letjen Edy Rahmayadi. Posisi Edy kini diisi oleh Dankodiklat TNI AD, Letjen Agus Kriswanto.

Keputusan Panglima TNI ini Nomor Kep/12/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018. Letjen Edy telah mengajukan pensiun dini karena maju Pilkada Sumatera Utara. Dia dimutasi sebagai perwira tinggi Mabes TNI AD. Total ada 20 perwira TNI yang dimutasi.

Seperti diketahui, Jenderal Gatot Nurmatyo di akhir masa jabatannya sempat melakukan rotasi dengan nomor Kep/982/XII/2017 tertanggal 4 Desember. Saat itu posisi Edy diisi oleh Asops Kasad, Mayjen Sudirman.

Keputusan itu kemudian dibatalkan oleh Marsekal Hadi lewat penerbitan surat keputusan baru bernomor Kep/928.a/XII/2017 tertanggal 19 Desember. Total ada 16 perwira menengah dan tinggi yang batal dirotasi.

Sementara itu, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen Andika Perkasa dipromosikan menjadi Dankodiklat Angkatan Darat. Menantu Jenderal (purn) Hendropriyono itu pun bakal promosi menjadi bintang tiga atau Letjen.

Promosi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/1/2018. Surat itu ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Kamis (4/1).

Mayjen Andika merupakan mantan Danpaspampres saat Presiden Joko Widodo baru menjabat. Pada 23 Mei 2016, Andika dimutasi menjadi Pangdam Kodam XII/Tanjungpura.

Sebelum menjadi Danpaspampres, Andika yang masih berpangkat Brigjen merupakan Kadispenad. Tidak lama Andika promosi menjadi bintang dua ketika jadi Danpaspampres.

Andika tercatat sebagai peraih pangkat Mayjen pertama di angkatannya yakni 1987. Kini, Andika pun menjadi bintang tiga pertama di angkatannya.

[eko/did]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge