0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Eks Buruh PT AKM Dipekerjakan Lagi

Karanganyar — Pemkab Karanganyar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merekrut eks buruh pemungut sampah PT Abisatya Kencana Mulya (AKM). Cara ini solusi sementara penanganan sampah di Colomadu.

“Dulunya, PT AKM sampai merekrut 80 orang buruh pengambil sampah, pengamanan dan sebagainya. Setelah rekanan Pemkab itu gagal, buruhnya dipecat semua. Agar pengangkutan sampah warga Colomadu tidak berhenti, maka kami mempekerjakan mereka lagi,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Peningkatan Kapasitas dan Kehutanan (PSL-PKK) Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Purwoto, Kamis (4/1).

Heru menyebut hanya belasan saja, itupun karena mereka memiliki etos kerja tinggi dan bersedia diupah pemerintah. Sedangkan bekas buruh lainnya dianggap tak bisa diandalkan. Besaran upahnya, lanjut Heru, terhitung pantas.

“Pemkab masih mencari rekanan pengganti PT AKM. Sementara ini, sampah harian warga Colomadu dimasukkan dulu ke gudang PT AKM di Gedongan, Colomadu. Dari situ, truk DLH mengambilnya untuk dibuang ke TPA Sukosari, Jumantono,” ucapnya.

Dikatakannya, penanganan sampah terpadu ke depan tidak akan lagi menggunakan gudang bekas PT AKM. Pemkab mendorong hadirnya investor yang benar-benar profesional dan mau menangani limbah sejak dari rumah tangga.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge