0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inspektorat Minta Kades Segera Selesaikan Laporan AMJ

Sragen — Inspektorat Kabupaten Sragen terus melakukan upaya pencegahan terkait tindak pidana korupsi yang melibatkan kepala desa (Kades). Salah satunya menekankan agar Kades menyelesaikan laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ). AMJ tersebut nantinya akan mendapat penilaian dari bupati terkait nilai prestasi selama memimpin.

”AMJ nanti sebagi indikator bupati untuk penilaian kades incumbent, kalau mau maju lagi,” kata Inspektur Inspektorat Kabupaten Sragen, Wahyu Widayat, Kamis (3/1).

Wahyu menyampaikan, pada 2018 nanti sebanyak 124 desa bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Dengan demikian sejumlah desa tersebut harus merampungkan laporan AMJ. Dengan jumlah sebanyak itu, sudah ada penekanan agar AMJ benar-benar dipublikasikan.

Pihaknya menjelaskan pemeriksaan AMJ akan dilakukan secara komperehensif. Kades yang bersangkutan harus menyelesaikan apa yang belum selesai selama periode memimpun. Wahyu optimis SDM inspektorat sangat siap dan inspektorat pembantu (Irban) wilayah sudah bergerak.

Dengan AMJ yang transparan akan jelas program yang terealisasi dan yang belum. AMJ ini sangat penting untuk catatan Kades incumbent yang akan kembali maju.

”Ini akan rekomendasi bupati, baik Kades yang mau maju lagi, maupun sudah tidak maju lagi,” ujarnya.

Terkait korupsi Kades Hadiluwih, Kecamatan Sumberlawang, Wiranto, pihaknya mengaku sempat memberi peringatan. Namun yang bersangkutan mengabaikan sehingga akhirnya justru menjadi proses hukum.

Sedangkan saat ini pihaknya sudah mendapat laporan tentang masalah dugaan penyalahgunaan anggaran di desa Ngepringan, Kecamatan Jenar. Dia menyampaikan sudah menerjunkan tim untuk memeriksa data terkait.

”Soal Ngepringan, kami sudah turunkan tim dan tengah dalam proses,” terang Wahyu Widayat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge