0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penataan Kenteng Diyakini dapat Hapuskan Citra Kawasan Kumuh

Solo — Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Solo mendukung kebijakan Pemerintah Kota Solo menata kawasan Kenteng, Semanggi, Pasar Kliwon sebagai kawasan pusat bisnis. Termasuk di dalamnya penataan hunian dengan menghibahkan sebagaian tanah HP 16 milik Pemkot kepada warga setempat.

“Selama itu untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat pasti kita dukung,” kata anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo itu.

Abdullah meyakini penataan Kenteng menjadi kawasan bisnis akan berdampak positif kepada perekonomian di wilayah tersebut sehingga meningkatkan kesejahateraan warga. Hal itu diharapkan dapat mengubah citra Kampung Kenteng yang selama ini dikenal sebagai kawasan kumuh dengan tingkat kriminalitas tinggi.

“Apalagi dengan dihibahannya tanah kepada warga, mereka yang tadinya tidak punya rumah jadi punya (rumah) secara legal,” kata dia.

Wakil rakyat dari Dapil Pasar Kliwon itu pun yakin kalangan legislatif akan menyetujui rencana Pemkot melepas sebagaian asetnya kepada masyarakat. Apalagi, dengan komposisi DPRD yang didominasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mendapatkan persetujuan legislatif bukan perkara sulit. Dari 45 kursi dewan di Solo, 24 di antaranya diduduki legislator dari partai penguasa itu.

“Meskipun saya dari Partai Hanura. Kalau itu demi kebaikan masyarakat saya dukung,” kata dia.

Sebagai informasi, Pemkot Solo berencana menata kawasan Silir dan Kenteng sebagai sentra bisnis dan industri untuk meningkatkan perekonomian di Solo bagian Selatan. Penataan dimulai sejak tahun 2017 lalu dengan memindahkan SMP Negeri 11 dari Kelurahan Kedung Lumbu ke Silir dan revitalisasai Sub Terminal Semanggi. Di samping itu, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Selatan SMP 11 juga sudah dimulai akhi Desember lalu.

“Nanti di HP 16 juga akan kita bangun kompleks perumahan untuk warga dan kita beri sertifikat. Jadi mereka menempati situ secara sah,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudaytmo belum lama ini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge