0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

20 Wilayah Kerja Migas Akan Dilelang

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 20 Wilayah Kerja (WK) migas akan dilelang di sepanjang 2018. Rencana tersebut kini terus dimatangkan agar dapat direalisasikan dalam waktu dekat.

“Sepertinya lebih dari 20 WK. (Dibagi dalam dua kali lelang?) Tidak, secepatnya langsung saja. Berapa pun yang siap langsung,” ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar di Jakarta, Kamis (4/1).

Arcandra mengatakan, 20 WK tersebut sudah termasuk WK lama dan WK baru yang belum pernah dilelang sama sekali. Namun demikian sejauh ini, Mantan Menteri ESDM tersebut belum dapat merinci satu per satu di mana saja WK yang akan dilelang.

“Nah untuk itu kita lihat. Saya akan evaluasi minggu depan. Setelah dievaluasi baru nanti berapanya kita usahakan secepatnya dibuka saja. (Jumlah WK baru) Belum saya hitung,” jelasnya.

Arcandra menargetkan 20 WK tersebut dapat segera dilelang dalam waktu dekat sebelum kuartal I berakhir.

“Kalau bisa bulan Februari, Februari. Kalo bisa Januari, Januari,” jelas Arcandra.

Sebelumnya, Arcandra mengklaim, skema gross split ini lebih diminati oleh investor. Sebagai bahan pembanding, pada lelang blok migas tahun 2015 dan 2016 lalu yang menggunakan skema cost recovery, namun tidak satu pun WK yang diminati investor.

Untuk itu, pada Januari 2018 mendatang, pihaknya akan kembali melelang wilayah kerja yang tidak laku pada masa lelang 2015 hingga 2017 dengan skema gross split.

“2015-2016 tidak ada yang laku dengan cost recovery maka akan kita tawarkan dengan gross split, semoga nanti ada yang berminat untuk partisipasi untuk kelola blok tersebut,” jelas dia di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (29/12) lalu.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge