0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Orang Tua Bisa Didenda dan Dipenjara Jika Anak Terlambat Masuk Sekolah

Para siswa di Inggris. (metro.co.uk)

Timlo.net—Orang tua di Staffordshire, Inggris akan didenda £120 (Rp 2,1 juta) dan dibawa ke pengadilan jika anak mereka terlambat masuk sekolah lebih dari 10 kali dalam satu semester. Hal ini keluarga yang anaknya biasa telat bisa membayar denda hingga ribuan pound sterling.

Keterlambatan adalah masalah yang kerap ditemui di sekolah-sekolah di Staffordshire. Hukuman sebelumnya berupa denda jika anak telat 20 kali tanpa alasan jelas, tulis Metro.co.uk. Tapi hukuman itu tidak berjalan. Sebuah surat dikirim oleh para orang tua di Kingsmead School di Hednesford bertuliskan, “Gagal memberitahu pihak sekolah anak terlambat atau tidak masuk sekolah atau menyediakan bukti tidak masuk sekolah bisa terkena surat penalti. Penting untuk diingat jika hal ini adalah tanggung jawab Anda memberitahu sekolah jika anak terlambat. Orang tua dan wali yang gagal melakukan ini diharuskan menyediakan bukti yang menjelaskan kenapa anak mereka telat masuk sekolah.”

Kepala dewan pendidikan di wilayah itu, Paul Senior berkata: ‘Sebelumnya jika seorang murid telat tanpa alasan selama 20 kali akan memperoleh surat penalti. Sekarang angka itu diubah menjadi 10 kali dan tidak perlu dilakukan secara berurutan sebelum surat peringatan dirilis.”

“Anda oleh karena itu didorong sebisa mungkin memastikan anak datang sekolah tepat waktu,” tambahnya. Aturan baru ini dimulai saat para siswa masuk setelah liburan Natal. Dewan itu sudah membawa 184 orang tua ke pengadilan dalam dua tahun terakhir ini. Mereka mengumpulkan denda hingga £102,080.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge