0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Harga Beras Melambung, Naik Rp 1000/Kg

Pedagang beras di Pasar Bunder Sragen (dok.timlo.net/gg)
Sragen — Harga beras di Sragen melambung tinggi. Kondisi ini mengawatirkan pedagang dan konsumen. Pasalnya kenaikan harga beras saat ini mencapai Rp 1.000 per kilogram.
”Kenaikan ini sejak pertengahan Desember lalu. Hampir semua jenis beras naik, rata-rata Rp 1000, biasanya hanya Rp 200 atau 500,” kata Hj Darmilah, salah satu pedagang beras Pasar Bunder Sragen, Rabu (3/1).
Berdasarkan pantauan di lapangan, memang rata-rata kenaikan harga beras mencapai Rp 1.000 per kilogram. Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak 2015 lalu. Biasanya kenaikan maksimal hanya Rp 500 per kilogram.
Darmilah mengakui, akibat kenaikan harga beras itu dirinya kehilangan omset. Biasanya sebelum kenaikan harga, dalam sehari bisa laku sekitar satu ton beras.  Namun sekarang hanya laku enam hingga tujuh kwintal per hari.
Menurutnya, dengan kenaikan harga ini pembeli sedikit banyak mengeluh. Para pembeli berharap harga bisa normal seperti semula.
Tidak hanya konsumen, namun penjual juga merugi akibat tingginya harga gabah. Darmilah menduga karena saat ini belum memasuki masa panen hingga harga gabah cukup tinggi.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge