0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Besok, Festival Durian Karanganyar Dimulai

Festival Durian (ist)

Karanganyar — Festival durian bakal digelar Pemkab Karanganyar di terminal wisata mBangun Makutoromo Karangpandan, Kamis (4/1). Para pemilik durian khas Bumi Intanpari dipersilakan ikut lomba.

“Cara ini untuk mengenalkan Karanganyar sebagai penghasil durian. Syarat peserta lomba, duriannya bukan jenis montong atau petruk karena itu bukan asli dari sini. Tidak boleh juga hasil cangkokan. Syarat lain, pohonnya tumbuh di Karanganyar,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar, Riyanto Sujudi kepada wartawan di ruang kerja Sekda, Rabu (3/1).

Selain lomba, festival ini menjadi ajang lelang durian milik pedagang. Tiap paket lelang berisi 10 butir buah.

Pemkab menyiapkan hadiah uang tunai, piagam, dan piala kepada juara 1, 2, dan 3. Juri lomba akan memastikan pohon sesuai syarat dan menilai kualitas buah durian.

“Kriteria enggak hanya rasa, tetapi juga ketebalan buah, warna, pongge, dan lain-lan. Tujuan mengembangkan benih durian bisa diperbanyak. Durian lokal seperti sukun dan lain-lain itu sudah berkurang. Kami angkat supaya durian Karanganyar punya identitas,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge