0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bagian Tubuh Ini Paling Cepat Tua Dibanding yang Lain

Ilustrasi penuaan. (rd.com )

Timlo.net—Memikirkan tentang penuaan menjadi faktor utama penyebab stres untuk banyak orang. Kadang-kadang lebih dari proses fisik penuaan itu sendiri. Jika Anda adalah orang yang merasa gelisah memikirkan soal penuaan, maka informasi ini mungkin akan membuat Anda lebih stres. Kepala adalah bagian tubuh yang lebih cepat menua dibandingkan bagian lain. Tapi perbedaaan waktunya hanya dalam hitungan nanodetik yaitu 90 miliar per detik selama 79 tahun. Perbedaan ini tidaklah terlihat oleh manusia.

Hal ini terjadi karena teori relativitas yang dikembangkan Einstein dan dibuktikan oleh para ilmuwan. Kecepatan waktu bergerak tergantung dari seberapa cepat seseorang bergerak dan seberapa dekat dirinya dengan medan gravitasi. Contohnya, jam di tempat ketinggian berjalan sedikit lebih cepat dibandingkan tempat yang setara dengan permukaan laut.

Para peneliti di the National Institute of Standards and Technology (NIST) ingin menguji teori itu pada skala yang lebih kecil dengan perbedaan 0,3 meter. Mereka menggunakan jam atomik yang berdetak sebagai sebuah ion alumunium tunggal yang bergetar di antara dua tingkat energi lebih dari satu juta miliar per detik. Saat mereka menaikkan jam itu 0,3 meter lebih tinggi dari yang lain, jam itu berdetak sedikit lebih cepat. Hal ini karena jam itu mengalami energi gravitasi yang lebih kecil.

Oleh karena itu waktu juga berjalan lebih cepat untuk bagian kepala dibandingkan bagian kaki. Hal ini karena kepala lebih tinggi dan jauh dari medan gravitasi. Itulah sebabnya kepala lebih cepat menua dibandingkan bagian tubuh lainnya, tulis Reader’s Digest.

Tapi hal ini tidak membuat perbedaan yang mencolok dalam penampilan manusia. Kita tidak akan bisa melihat perbedaannya. Akan tetapi NIST percaya jika penemuan ini bisa memberikan manfaat praktis dalam bidang ilmu seperti geofisika.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge