0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Alasan Kenapa Mangga Membuat Mulut Gatal

Mangga. (rd.com)

Timlo.net—Mangga adalah salah satu buah terpopuler di dunia. Mudah untuk melihat alasannya. Buah ini manis, memiliki tekstur mentega yang susah ditolak dan bisa diolah menjadi berbagai menu makanan serta minuman.

Tapi beberapa orang merasakan sensasi aneh, geli dan gatal saat mereka makan buah mangga mentah. Di luar negeri, sensasi ini disebut “mango mouth” atau bila diterjemahkan mulut mangga. Rupanya gejala ini dialami oleh mereka yang alergi dengan buah mangga. Alergi itu umumnya dikarenakan zat kimia urushiol yang ditemukan pada kulit mangga dan dagingnya.

Tanaman lain yang mengandung urushiol dalam jumlah tinggi adalah poison oak, poison sumac dan poison ivy. Tidak mengherankan jika mereka yang alergi zat ini merasa gatal, tulis Reader’s Digest.

Bahkan tanaman-tanaman ini memiliki keluarga pohon yang sama dengan mangga yaitu anacardiaceae. Gejala alergi adalah sensasi geli atau rasa kebas ringan pada mulut dan bibir. Beberapa orang menderita ruam pada kulit segera setelah memakan mangga.

Untuk menghindari alergi kumat, janganlah mengkonsumsi mangga dalam bentuk mentah. Atau pakailah sarung tangan untuk mengupas mangga. Dengan demikian kulit Anda tidak bersentuhan dengan kulit mangga. Jika gejala alergi yang dialami ringan, menghindari sentuhan langsung dengan kulit buah ini bisa mengurangi resikonya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge