0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

FKIP UMS Sajikan Pertunjukan Teater Lima Malam

Pertunjukan tetaer di TBJT (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiah Solo (UMS) menggelar pertunjukan teater selama lima malam. Parade teater ini digelar di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) pada Rabu-Sabtu (3-7/1).

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh teman-teman semester lima FKIP Bahasa Indonesia UMS. Ini sudah program tahunan untuk memenuhi tugas mata kuliah penyutradaraan,” papar Ketua Pelaksana Pementasan, Gandung Roso Pambudi, saat dijumpai Timlo.net di kawasan TBJT, Kentingan, Jebres, Solo, Rabu (3/1).

Pada hari pertama akan disajikan naskah teater berjudul Pada Suatu Hari. Sedangkan pada hari kedua disajikan naskah terjemahan dari cerita China berjudul Sampek Engtai. Pada hari ketiga hingga kelima digelar berturut-turut naskah lakon Suara Perempuan, Kakus, dan Maaf Maaf Maaf. Pertunjukan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB setiap harinya. Namun khusus hari kedua, penyajian akan digelar pada pukul 16.00 WIB, lantaran ada permasalahan teknis.

Gandung mengatakan, penyajian akan dilakukan masing-masing kelas, dengan jumlah total peserta 300 orang. Menurut Gandung, pertunjukan ini cukup memberikan pengalaman yang berkesan bagi peserta, tentang apresiasi pertunjukan dan melakonkan pertunjukan drama itu sendiri.

“Proses latihannya kita mulai sejak tiga bulan lalu, saya berharap teman-teman bisa menyajikan pementasan dengan baik dan maksimal,” katanya.

Sementara, salah satu pelatih yang mengajar kelompok drama tersebut, Yogi Swara, mengatakan dirinya mengapresiasi keberanian mahasiswa dalam bermain drama. Yogi yang juga salah satu aktor teater Kota Bengawan itu mengatakan, hal ini justu bisa menarik kelompok-kelompok lain untuk berkreativitas melalui teater.

“Sangat asyik ya, meskipun mereka baru bersentuhan dengan teater tetapi mereka mampu mewujudkan pementasan kali ini. Saya sangat mengapresiasi keberanian dari teman-teman ini,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge