0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan PAD, Pemkab Wonogiri dan PLN Teken MoU

Pemkab Wonogiri dan PT PLN Area Surakarta teken MoU (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Jalinan kerjasama yang dilakukan antara PT PLN (Persero) Area Surakarta dan PT PLN (Persero) Area Ponorogo dengan Pemkab Wonogiri diklaim dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dalam hitung-hitungan pajak yang masuk ke kas daerah nilainya pun tak main-main, dalam sebulan bisa mencapai miliaran rupiah.
“Pajak penerimaan dari listrik bisa digunakan untuk peningkatan PAD. Semua dana pajak listrik yang didapat akan disetorkan ke daerah, PLN hanya memungut. Di Wonogiri ini penerimaan pajak dari listrik sekitar Rp 1,8 miliar per bulan,” kata Manajer PLN Area Surakarta, Mundhakir, Rabu (3/1).
Jalinan kerjasama tersebut dilakukan di Ruang Giri Manik Komplek Setda Wonogiri. Diawali dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Penanganan dan Pengelolaan Pajak Penerangan Jalan, Pembayaran Rekening Listrik, Pengembangan dan Operasional Kelistrikan, dan Kegiatan Sosial Perusahaan. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Wonogiri Haryono, dan Manajer PLN (Persero) Area Surakarta Mundhakir.
Menurut Mundhakir, banyak hal bisa didapat dari kerjasama yang dijalin dengan Pemkab Wonogiri. Di antaranya adalah peningkatan PAD. Disebutkan, sektor penerimaan dari pajak listrik tersebut masih bisa ditingkatkan lagi. Mengingat ada rencana sejumlah investor yang berminat menanamkan modal di Wonogiri.
“Ada beberapa calon investor yang menghubungi kami, intinya ada minat untuk mengembangkan usaha di Wonogiri. Jadi jika investor masuk, tentunya penerimaan pajak semakin banyak, PAD semakin meningkat,” katanya.
Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa menegaskan, keberadaan listrik sangat vital. Bakal banyak aspek kehidupan akan lumpuh saat jaringan listrik terganggu. Misalnya ketika terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu di sejumlah lokasi di Wonogiri.
Diakui, di Wonogiri memang belum 100 persen masyarakatnya menikmati listrik. Namun dengan tekad kuat secara bertahap, Pemkab akan berusaha mewujudkan Wonogiri bebas gelap.
“Kerjasama dengan PLN diharapkan bisa memperlancar arus investasi di Wonogiri. Banyak hal positif bisa diraih. Misalnya program CSR (corporate social responsibility) yang bisa membantu Pemkab menekan angka kemiskinan,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge