0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Komoditas Penyumbang Laju Inflasi Solo

Solo – Komoditas beras tercatat memberikan andil paling tinggi terhadap laju inflasi kota Solo pada akhir tahun 2017. Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sumbangan komoditas beras terhadap laju inflasi sedikitnya mencapai 0,19 persen.

“Dari hasil pantauan harga yang kita lakukan, pada periode Desember itu komoditas beras mengalami kenaikan harga sebesar 3,95 persen. Akibat dari kenaikan harga itu memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,19 persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (2/1).

Terkait dengan gelaran operasi pasar yang dilakukan oleh tim pengendali inflasi daerah (TPID) kota Solo beberapa waktu yang lalu, menurutnya cukup berpengaruh dalam menekan harga di pasaran. Hanya saja karena pasokan yang disediakan terbatas, dianggap kebijakan itu tidak terlalu signifikan terhadap pengendelaian harga beras.

“Mungkin karena tidak sebanding antara pasokan yang disediakan dengan tingginya kebutuhan masyarakat. Sehingga kebijakan OP itu pengaruhnya terhadap harga beras di pasaran tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Tidak hanya beras, Bagus juga menyampaikan selama periode itu beberapa komoditas lain juga cukup banyak yang mendongkrak laju inflasi. Diantaranya adalah tariff angkutan udara yang memberikan andil sebesar 0,12 persen, telur ayam ras 0,11 persen, daging ayam ras 0,09 persen, cabe merah 0,09 persen, cabe rawit 0,07 persen, tomat sayur 0,05 persen, sawi hijau 0,04 persen, bayam 0,04 persen dan teh manis memberi andil sebesar 0,04 persen.

“Angkuta udara juga cukup tinggi memberikan andil inflasi. Karena pada periode itu perusahaan maskapai menerapkan tariff batas atas. Bahkan dari pantauan kami, kenaikannya tercatat mencapai 3,95 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge