0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Paska Libur Tahun Baru, Pengangkutan Sampah Belum Normal

Tersisa sampah di Alun-alun Karanganyar yang belum te4rambil usai perayaan malam pergantian tahun (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sampah di sejumlah lokasi di wilayah kota belum terangkut akibat operasional petugasnya belum normal. Sampah tersebut sisa aktivitas perayaan masyarakat menyambut malam pergantian tahun.

“Pada Senin kemarin, tidak banyak yang dilemburkan. Sebagian besar masih libur. Sedangkan sampahnya luar biasa banyak. Sampai sekarang masih terus diambil sampah sisa malam tahun baru,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Peningkatan Kapasitas dan Kehutanan (PSL-PKK) Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Purwoto, Selasa (2/1)

Pantauan Timlo.net di alun-alun, terdapat tumpukan sampah di banyak titik. Padahal biasanya alun-alun bersih dari sampah pada keesokan harinya setelah event terselenggara. Di lokasi itu digelar doa bersama dan pesta kembang api pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12).

Sampah yang membeludak diakibatkan pula aktivitas pedagang yang seharusnya mulai berjualan sore hingga malam hari, namun nekat buka lapak sejak pagi di hari terakhir tahun 2017.

Sementara itu produksi sampah di lokasi wisata lereng Lawu juga tak kalah banyak. Camat Tawangmangu, Rusdiyanto menyebut peningkatannya sampai 80 persen. Beruntung warga setepat yang tergabung di organisasi kemasyarakatan ikut membersihkannya.

“Sukarelawan Tawangmangu bekerja di pengaturan lalu lintas dan membersihkan sampah. Titik pembersihan sampah itu mulai bundaran HI (Cicoa) sampai ke Pasar Tawangmangu. Setelah perayaan usai, mereka turun ke jalan memungut kemudian dibakar atau dibuang ke TPS Kalisoro,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge