0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nasib Dewan Kesenian Sukoharjo Tidak Jelas Ini Penyebabnya

Sukoharjo — Sejumlah pihak menyayangkan ketidak jelasan posisi Dewan Kesenian yang sudah dibentuk sejak Bulan Agustus 2017 yang lalu. Pasalnya, hingga awal Tahun 2018 ini belum juga ada tanda-tada akan dilantik untuk melaksankan program-program untuk mengembangkan kesenian di Sukoharjo.

”Suratnya sudah berada di meja pak Bupati namun untuk agenda bertemu dengan pak bupati masih akan dijadwalkan oleh asistennya, kita saat ini juga sedang menunggu. Harapan kami bisa segera dilantik, karena nanti Dewan Kesenian akan mewadahi seluruh kesenian yang ada di Sukoharjo,” kata Ketua definitif Dewan Kesenian Sukoharjo, Soni Sumarsono, Selasa (2/1).

Saat ini struktur organisasi Dewan Kesenian sudah terbentuk namun belum bisa menyusun program kerja karena belum dilantik secara resmi. Sesuai ketentuan, Dewan Kesenian dialntik oleh bupati dan akan diberikan SK sebagai dasar untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya menaungi kesenian yang ada di Sukoharjo sebagai mitra pemerintah.

Sebelumnya Dewan Kesenian juga telah kosong atau tidak ada kejelasan selama kurang lebih dua tahun sehingga program-pengembangan kesenian di Sukoharjo tidak maksimal. Padahal Sukoharjo merupakan gudangnya kesenian dan kebudayaan yang para pelakunya akhirnya lebih memilih untuk berkarya di luar Sukoharjo.

“Banyak juga masyarakat yang bertanya kepada saya tentang kejelasan dewan kesenian, tetapi kondisi yang sebenarnya ya seperti ini. Sebenarnya kalau Dewan Kesenian sudah terbentuk, kita bisa memberikan saran kepada pemerintah daerah untuk pelaksanaan acara kesenian di Sukoharjo,” tandas Bidang Publikasi dan Humas Dewan Kesenian, Pratiknyo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge