0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Desa Gerdu Nantikan Kembali Festival Bendera

Festival Bendera di Tuk nDero (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Penyelenggaraan Festival Bendera di Tuk nDero, Desa Gerdu, Karangpandan, akhir pekan lalu tergolong sukses. Selain membuka wisata seni di salah satu perkampungan lereng Lawu itu, festival bendera juga menggairahkan UKM setempat.

“Harapannya sering-sering diadakan event seperti ini di Desa Gerdu. Kampung kami dikenal lebih luas. Warga setempat juga bisa laku jualannya. Kuliner khas dari Desa Gerdu,” kata Kades Gerdu, Suwarno kepada wartawan, Minggu (31/12)

Saat festival selama dua hari itu digelar, kuliner lesehan tersaji di arena seni berlatar alam. Ada es tebu, es dawet, es keruk, telo bakar, jajan pasar, pecel pondoh, dan lain-lain. Kasni (40) warga Puntukringin RT 03/RW VIII, Desa Gerdu, Karangpandan berjualan Kasni pecel pondoh dan soto di emper rumahnya.

Satu porsi pecel pondoh dan soto Rp 5.000 sedangkan satu gelas minuman hangat Rp 2.000. Wanita yang biasanya menerima jasa jahitan baju ini membuktikan peruntungan berpihak kepada dirinya dengan berjualan makanan.

Warga Bulu, Rw IX, Eka (29) berpendapat sama. Dia menjajakan ubi.

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto berharap usaha seniman bersama warga menghidupkan potensi lokal lewat pertunjukan seni dan budaya. “Kearifan lokal. Pariwisata dikemas untuk menyejahterakan masyarakat. Ini mendorong terwujud destinasi wisata baru,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge