0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sosialisasi Pencegahan KDRT Harus Dilakukan Sampai Desa

Sosialisasi pencegahan KDRT di Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat. Sosialisasi terkait KDRT ini juga harus dilakukan secara kontinyu hingga ke tingkat desa untuk meminimalisir terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga.

“Masyarakat agar tahu tentang KDRT dan perlu dikasih tahu. Masyarakat bisa mencegah supaya kejadian KDRT ini tidak terjadi,” kata Nanik Suprapti dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Sragen.

Dalam acara sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Balaidesa Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, belum lama ini, Nanik menyampaikan, sosialisasi tentang KDRT dan perlindungan anak,  penghapusan kekerasan di dalam rumah tangga perlu diketahui oleh masyarakat luas. Dengan demikian juga bisa melakukan pencegahan terjadinya KDRT.

“Anak harus dipelihara dan dijaga karena harapan kita semua,” ujarnya.

Menurutnya, dalam Undang-undang No 23 Tahun 2004, terdapat empat kekerasan yang dilarang dalam keluarga, yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan ekonomi dan kekerasan seksual. Empat kekerasan tersebut tidak boleh terjadi dalam rumah tangga.

Hal senada disampaikan Danramil 17/Sumberlawang, Kapten Cba Suwanto. Pada dasarnya terjadinya KDRT berawal dari hubungan yang tidak harmonis di dalam rumah tangga. Menurutnya, kalau dalam keluarga tertanam saling percaya antara suami istri, maka KDRT tersebut tidak akan terjadi.

Anak anak  kita adalah harta kita yang sangat mahal tentunya harus kita isi dan kita ajari dengan pelajaran yang bermanfaat.  Ajari anak-anak berbuat sopan santun dan  disiplin. Hindari kekerasan kepada anak-anak kita karena mereka adalah harapan kita di masa tua,” paparnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge