0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Daging Ikan Terkeras Ini Diubah Menjadi Pisau Tajam

Pisau terbuat dari ikan. (nextshark.com )

Timlo.net—Di Jepang terdapat sebuah makanan tuna yang dikeringkan, difermentasi dan diasapi disebut katsuobushi. Makanan itu disebut juga makanan terkeras di dunia. Ikan itu berhasil membuktikan reputasi namanya saat diubah menjadi pisau dapur yang fungsional.

Hal ini dianggap cukup mustahil mengingat katsuobushi kadang-kadang disebut juga okaka. Ikan itu seringkali digunakan sebagai taburan untuk pancake gurih, tulis Nextshark. Tapi YouTuber asal Jepang, Attoteki Fushinsha no Kiwami menunjukkan bagaimana dia mengubah ikan itu menjadi pisau dapur dalam sebuah videonya.

Kiwami mulai dengan memamerkan potongan ikan yang sudah dikeringkan dan difermentasi. Dia menunjukkan jika orang bisa salah menganggap ikan itu sebagai bongkahan kayu kotor. Dia lalu memotong ikan itu supaya memiliki bentuk yang dibutuhkan. Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Dalam proses pemotongan, para penonton bisa melihat jika bongkahan kayu itu sebenarnya adalah ikan. Mereka bisa melihatnya dari sisa-sisa irisan ikan.

Kiwami lalu menghaluskan pinggiran ikan supaya bisa dipakai memotong. Bentuk ikan mulai menyerupai pisau setelah dia menghaluskan potongan. Tapi pekerjaannya belum selesai. Kiwami membungkus ikan itu dan memanggangnya pada suhu 100 derajat Celsius selama 60 menit.

Setelah itu, dia menyiapkan batu asap untuk mempertajam pisau ikan. Itulah proses cara mengubah ikan tuna kering menjadi sebuah pisau. Pisau itu tidak hanya bisa memotong kertas, tapi juga menusuk kaleng alumunium.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge