0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apakah Apple Akan Beli Netflix?

Logo Netflix. (ubergizmo.com)

Timlo.net—Analis Citi Jim Suva dan Asiya Merchant percaya jika ada kemungkinan Apple membeli Netflix sebesar 40 persen. Mereka berpendapat demikian setelah hukum potongan pajak korporat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah disahkan. Dengan potongan pajak itu, Apple bisa membawa uang tunai yang mereka simpan di wilayah asing ke AS. Uang tunai itu lalu bisa dipakai untuk membeli saham dan akuisisi, tulis Ubergizmo.

Potongan pajak korporat itu didampingi dengan izin menarik kembali uang tunai yang disimpan di luar negeri tanpa potongan. Apple biasanya tidak menarik uang tunai mereka ke AS untuk menghindari pajak tinggi. Reformasi pajak ini mungkin mendorong Apple membawa uang itu ke AS dengan membayar pajak penarikan satu kali sebesar 10 persen.

Apple dikabarkan memiliki lebih dari $252 miliar uang tunai dan hampir 90 persen berada di luar AS. Bahkan setelah pajak penarikan, masih tersisa lebih dari $220 miliar untuk dana merger dan akuisisi juga pembelian saham.

Kedua analis itu berkata Apple butuh sepertiga uang tunai itu untuk membeli Netflix. Walaupun analisa keduanya masuk akal, tapi belum ada pertanda jika Apple mempertimbangkan ide itu. Juga belum ada pemberitaan jika perusahaan itu pernah berdiskusi terkait hal ini dengan Netflix. Tapi hal ini tidaklah mustahuil. Apple sudah lama berusaha untuk masuk ke pasar video streaming online. Membeli Netflix akan secara instan memberikan posisi dominan pada perusahaan itu di pasar.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge