0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Liburan Akhir Tahun, Volume Sampah Putri Cempo Naik 15 Persen

TPA Putri Cempo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Volume sampah yang masuk ke fasilitas pengelolaan sampah TPA Putri Cempo naik 40 Ton perhari. Kenaikan tersebut mulai terasa sejak libur Natal hingga Tahun Baru.

“Rata-rata sampah biasanya 260 sampai 300 ton per hari yang masuk ke TPA Putri Cempo. Tapi ada peningkatan per hari 15 persen,” kata Pengelola sampah TPA Putri Cempo Mojosongo, M Pramudjo, Senin (1/1).

Pramudjo mengatakan gelaran Car Free Night (CFN) yang diselenggarakan Pemerintah Kota bukanlah penyumbang terbesar volume sampah yang masuk. Sejumlah kawasan obyek wisata dan sampah rumah tangga justru mendominasi peningkatan volume sampah.

“Selain itu masih ada pasar tradisional, dan restoran. Namun yang (volume sampah) meningkat tajam memang obyek wisata,” katanya.

Sementara, volume sampah yang dihasilkan dari gelaran CFN justru turun dari tahun lalu. Jika CFN 2016 jumlah volume sampah yang dihasilkan sejumlah delapan ton, pada gelaran CFN 2017 jimlah tersebut menurun tiga ton, sehingga sampah yang dihasilkan berjumlah lima ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hasta Gunawan mengatakan penurunan ini dipicu kebijakan pemerintah kota dalam melarang penyalaan kembang api dan petasan.

“Selain kebijakan tersebut, kesadaran masyarakat tentang hidup bersih juga sudah cukup baik,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge