0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Satu Warga Wonogiri Positif Terjangkit Difteri

RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri (dok.timlo.net/red)
Wonogiri — Dua warga dirujuk ke RSUD Sudiran Mangun Soemarso Wonogiri lantaran keduanya suspect difteri. Namun demikian, setelah dilakukan observasi dan sejumlah pemeriksaan laboratorium, hanya satu pasien yang dinyatakan positif difteri.
 Satu pasien Balita berinisial AKH (3) asal Dusun Sempor, Desa Dawungan, Kecamatan Jatiroto masuk RS dengan ciri suspect difteri pada Sabtu (16/12) tapi dia dinyatakan negatif. Kemudian Selasa(19/12) siang,ada pasien masuk antas nama WI (27), warga Nungkulan Kecamatan Girimarto setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya positif,” ungkap Dirut RSUD Sudiran Mangun Soemarso, Setyarini melalui Kabid Penunjang Medik dr Heri Triyono saat dikonfirmasi awak media, Rabu (20/12).
Dijelaskan, perempuan 27 tahun itu saat ini sudah menjalani pengobatan dan perawatan di ruang isolasi. Saat ini WI dikonsultasikan oleh dokter penyakit dalam, lantaran pemberian obat difteri berefek samping pada gula darahnya meningkat.
Sementara, pasien Balita saat ini kondisinya sudah membaik, bahkan pihak rumah sakit mengijinkan besok untuk dibawa pulang.
“Untuk WI, penyakit itu diimpor dari Jakarta, karena selama ini ia merantau, lalu karena sakit lalu dia pulang ke Girimarto,” jelasnya.
Ditambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mengambil langkah dengan melaporkan KLB Difteri ke Dinas Kesehatan Wonogiri. Bahkan, siang tadi pihaknya mendampingi Dinkes Wonogiri melakukan tinjauan ke ruang pasien.
 “Untuk antisipasi, kita mengambil langkah, dimana besok kita akan lakukan vaksiniasi toksoid difteri untuk paramedisnya,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge