0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Natal dan Tahun Baru Ada Tambahan Enam Juta Seat

Agus Santoso (merdeka.com)

Timlo.net — Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso telah tengah memproses ijin beberapa maskapai untuk menambah jumlah penerbangan serta kursi pesawat untuk mengatasi lonjakan penumpang di akhir tahun ini.

“Jumlah pesawat yang kami siapkan ada 446 buah pesawat ini dalam satu bulan terakhir sudah disiapkan dan sudah dilaksanakan rampcheck,” kata Agus saat melakukan peninjauan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Selasa (19/12).

Agus mengungkapkan, Natal dan Tahun Baru kali ini diperkirakan akan ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 5,2 persen. Untuk memenuhi kuota tersebut, telah disiapkan sekitar 6 juta kursi pesawat bagi penumpang. Angka tersebut 20 persen melebihi angka pembelian tiket yang tercatat.

“Ada sekitar 6.000.000 seat (kursi) kita siapkan dengan armada 446 tadi juga mencukupi dan ada beberapa extra flight yg juga mengajukan sekarang ini kita proses untuk lebih memberikan kapasitas penumpang yang akan naik dan turun selama Natal dan Tahun Baru 2018,” ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan penumpang di hari puncak kepadatan, Agus mengimbau agar masyarakat bisa memilih waktu keberangkatan yang tepat. Misalnya, berangkat sebelum tanggal sibuk.

“Mohon berangkatnya itu dimajukan dan pulangnya di mundurkan supaya nanti tidak menumpuk pada hari yang sama, itu tidak akan mencukupi walaupun sekarang kapasitas seat yang kita siapkan itu 20 persen di atas demand tapi pada waktu peak days mereka tentunya kapasitas ini akan terlewati, ini yang menjadi perhatian bahwa hari-hari berangkat dan pulang harus diperhatikan,” bebernya.

[idr]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge