0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Besok, Besaran Ganti Untung KA Bandara Diumumkan

Ilustrasi uang (dok.timlo.net/gg)

Solo — Tim pengadaan tanah segera akan segera menghitung besaran ganti untung bagi warga yang terdampak kereta api bandara. Tim juga akan menggelar musyawarah untuk memutuskan besaran ganti untung, dan akan segera diumumkan pada Senin (18/12) besok.

“Kami akan umumkan besaran ganti untung pada warga mulai pukul 10.00 WIB sebagai hasil penilaian dari tim appraisal independen,” jelas Kepala Badan Pertanahan (BPN) Solo, Sunu Duto Widjomarmo, Minggu (17/12).

Tim Pengadaan Tanah proyek KA-Bandara telah melansir 103 bidang tanah di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari terdampak dalam pembangunan proyek tersebut. Dari 103 lahan terdampak, 91 bidang tanah merupakan Lahan Milik Warga dengan status Hak milik (HM), 3 Lahan Tanpa Nama (No Name), dan 9 bidang tanah yang tidak lain merupakan Jalan/Sungai setempat. Untuk selanjutnya, keputusan nominal nominal ganti untung akan diputuskan melalui musyawarah di Kantor Kelurahan setempat.

Sunu Duto yang juga ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Tim Pengadaan Tanah tersebut menjelaskan, dalam pertemuan esok, pihaknya membuka kesempatan untuk warga yang memberikan usulannya masing-masing terkait proses penetapan nominal ganti rugi lahan terdampak proyek.

“Misalnya tanah pak A 500 meter, yang terkena hanya 100 meter, kita akan tunjukkan petanya, dan yang dibayar hanya 100 meter. Namun, jika ada warga yang mengusulkan agar lahan di luar lokasi pembangunan jalur lebih baik dibebaskan karena berbagai alasan, BPN akan mengakomodir usulan tersebut untuk disampaikan ke PT KAI,” kata dia.

Dikatakan, hanya warga terdampak proyek yang telah menandatangani surat Persetujuan Pengumuman Hasil Inventarisasi dan Identifikasi Bidang Tanah yang akan diundang dalam acara pertemuan tersebut.

“Hanya warga yang sudah menandatangani persetujuan saja yang diundang,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge