0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

ICW: Kita Berharap Pak Setnov Dapat Hidayah

Ketua DPR/Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto jadi tahanan KPK (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto (Setnov), diharapkan bersedia mengungkap pihak-pihak yang terlibat dalam kasus korupsi e-KTP. Mengingat pada sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Rabu (13/12), Setya Novanto irit bicara.

“Kita berharap pak Setnov dapat hidayah agar dia mau mengungkap siapa yang terlibat biar enggak pak Setnov sendiri,” ucap Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho di Jakarta Pusat, Sabtu (16/12).

Emerson juga meminta, sejumlah pihak jangan membuat wacana tanpa bukti kuat soal kasus e-KTP. Misalnya politikus Partai Golkar yang menuding ada pihak-pihak yang diduga kuat menerima aliran dana e-KTP.

Jika memang punya bukti dan data lengkap, Emerson menyarankan agar mereka menyampaikan langsung kepada KPK.

“Kalau Golkar punya keyakinan ada kubu sebelah terima suap, datangi saja KPK. Misalnya KPK saya punya bukti yang cukup kuat tentang keterlibatan S, dengan saksi J, kalau punya bukti ya datangi saja KPK daripada berwacana,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Feri Juliantono mengatakan, bola kasus korupsi e-KTP berada di tangan Setya Novanto. Setya Novanto dinilai tahu betul siapa saja yang terlibat dalam kasus tersebut, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif.

“Sekarang posisinya tinggal ada di pak Setnov. Bolanya ada di pak Setnov,” kata Feri.

Feri menuturkan, jika ingin menerangkan kasus tersebut maka Setya Novanto harus berani mengungkap nama-nama yang terlibat di persidangan. Dengan begitu, informasi itu bisa dijadikan acuan baru bagi KPK untuk mencari titik terang.

“Kita mengharapkan pak Novanto berani,” ujarnya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge