0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lula Kamal Beberkan Cara Ampuh Mencegah Kanker Leher Rahim

Lula Kamal saat menjadi pembicara Seminar Kesehatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kanker leher rahim (serviks) menjadi salah satu momok bagi kaum hawa. Kanker yang disebabkan virus ini berada di urutan ke dua setelah kanker payudara. Salah satu upaya pencegahan yakni dengan menjalani Pap Smear maupun tes Inpeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

”Nomor dua kanker serviks, peluang penderitanya semua perempuan. Kalau kanker payudara, peluangnya 99 persen perempuan dan satu persen laki-laki,” kata artis, sekaligus seorang dokter, Lula Kamal, Jumat (15/12).

Saat ditemui usai menjadi pembicara Seminar Sehat dan Cantik, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan IVA Test, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen, Lula Kamal menyampaikan, semua perempauan yang pernah melakukan hubungan suami istri tetap beresiko terkena kanker serviks. Sekalipun suami tidak berhubungan dengan wanita lain dan istri juga hanya berhubungan dengan suami.

“Seperti misalnya, walau suami saya seorang ustadz dan saya hanya berhubungan dengan suami saja, ini tidak menjamin kalau tidak terkena kanker serviks,” terangnya.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk pencegahan dan mengetahui ada tidaknya gejala kanker serviks tersebut adalah dengan melakukan pap smear, tes IVA dan vaksinasi. Sayangnya, banyak perempuan yang enggan untuk melakukan tes IVA. Faktor utama lebih pada ketakutan diri sendiri.

Lula Kamal mengimbau bagi perempuan yang sudah berhubungan seksual untuk tes IVA. Karena banyak kasus kecolongan karena mengabaikan dari awal.

”Banyak ibu-ibu yang sungkan tes IVA, namun ini gratis. Kita tidak mengharapkan ada gejala,  Kalau ada gejala, berarti sudah stadium dua keatas. Untuk  gejala sudah parah seperti  buang air kecil sakit, pendarahan tidak pada seharusnya,” jelas Lula Kamal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge