0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pacaran Dengan Teman Sekantor? Ini Caranya Supaya Tetap Profesional

Cinta. (Dok: Timlo.net/ DiscoverMagazine.com.)

Timlo.net—Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan uji materi soal ketentuan tersebut. Gugatan teregistrasi nomor perkara 13/PUU-XV/2017 itu diajukan pegawai PT PLN (Persero) yang juga anggota serikat pekerja pegawai PLN dari beberapa area di antaranya Palembang, Jambi, dan Bengkulu. Dengan demikian tidak ada lagi larangan menikah dengan teman sekantor.

Tapi beberapa perusahaan menerapkan aturan ketat soal untuk hubungan asmara di antara para pegawai mereka. Hal ini karena hubungan itu dianggap bisa berdampak pada produktivitas dan suasana kerja. Lantas bagaimana caranya Anda tetap bisa menjalin hubungan asmara dan tetap profesional?

1. Jangan pacaran dengan atasan atau bawahan

Keterlibatan asmara antara bos dengan bawahan seharusnya tidak boleh terjadi. Para pegawai yang lain bisa beranggapan terjadi pilih kasih bila terkait penugasan dan promosi. Hal ini bisa menimbulkan efek negatif terhadap para pegawai lain. Atasan juga bisa dituduh tidak obyektif atau adil saat membuat keputusan jika dia menjalin hubungan asmara dengan salah satu bawahan, tulis MonsterIndia.com.

Bila hubungan itu kandas di tengah jalan, akan ada masalah rumit lainnya. Bahkan sang bawahan bisa menuduh atasan melakukan pelecehan seksual. Jika Anda menjalin hubungan asmara dengan bawahan atau atasan, pertimbangkan untuk pindah ke departemen lain atau perusahaan lain. Hal ini bisa mencegah terjadinya persoalan-persoalan.

2. Buat aturan dan bersikap bijaksana

Bicarakan dengan pasangan secara jelas bagaimana Anda ingin bersikap di kantor. Apakah Anda ingin terbuka tentang hubungan Anda dan memberitahu teman kantor lainnya? Atau Anda ingin merahasiakan dan hanya bersikap profesional saat di kantor?

Hindarilah percakapan romantis dan pamer kemesraan seperti saling menyentuh atau berpelukan di kantor. Perilaku-perilaku ini bisa menimbulkan kecemburuan atau ketidaknyamanan pada teman-teman kerja lainnya. Jika perusahaan memiliki aturan soal hubungan asmara di antara sesama pegawai, patuhilan aturan itu.

3. Berikan pasangan ruang

Jangan selalu berduaan atau terus berkomunikasi jika memang tidak harus. Pisahkan kehidupan profesional dan pribadi Anda. Simpan kehidupan asmara dengan teman kerja untuk kehidupan di luar kantor atau perusahaan. Terutama jangan biarkan konflik pribadi dengan pasangan terbawa ke tempat kerja.

4. Kenali akibat-akibatnya

Jika hubungan asmara berakhir buruk, hal ini bisa menjadi persoalan. Terutama jika salah satu pihak mengajukan tuduhan pelecehan seksual. Cinta adalah hal yang indah, tapi jangan dibutakan oleh perasaan. Membahayakan karir demi hubungan asmara yang belum tentu langgeng adalah tindakan yang sembrono. Jadi pikirkan masak-masak bila Anda ingin menjalin hubungan asmara dengan teman kerja. Dan jalani dengan bijaksana.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge