0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir Tahun, Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan

Citilink (dok.timlo.net/gg)

Solo – Jumlah trafik penumpang angkutan udara yang ada di Bandara Internasional Adi Soemarmo diprediksi melonjak saat periode Natal dan Tahun Baru. Untuk memaksimalkan layanan tersebut, sejumlah perusahaan maskapai mulai ajukan penambahan jadwal penerbangan.

“Kita sudah mengajukan tiga tambahan jadwal penerbangan. Rencananya ekstra flight kami akan mulai beroperasi mulai 21 Desember hingga 2 Januari mendatang,” ujar Sales Representatif Citilink, Cahyo Katon saat dihubungi Timlo.net, Jumat (15/12).

Menurutnya, tiga ekstra flight dari Citilink tersebut akan beroperasi setiap hari dengan rute Solo –Jakarta pulang-pergi (PP). Dengan jadwal penerbangan mulai pukul 08.55 WIB, 12.45 WIB dan 17.45 WIB. Adapun pesawat yang digunakan yaitu Airbus A320 terbaru dengan kapasitas 180 tempat duduk.

“Kita menargetkan dengan adanya penambahan jadwal penerbangan tersebut tingkat keterisian atau load factor penumpang kami bisa mencapai 75 persen dari total seat yang disediakan,” jelasnya.

Melalui penambahan jadwal itu, Katon menyebut untuk rute Solo-Jakarta yang dilayani oleh Citilink menjadi tujuh penerbangan setiap harinya.

Sementara itu, Operation and Service Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto menyampaikan periode Natal dan Tahun Baru memang cenderung terjadi lonjakan penumpang. Hal itu karena pada periode tersebut bersamaan dengan adanya libur panjang anak sekolah, sehingga banyak dimanfaatkan untuk bepergian ke Luar Kota.

“Kita memprediksi terjadi kenaikan trafik sekitar 30 persen jika dibanding kondisi saat normal. Hanya saja kenaikan penumpang itu tergantung juga dengan penambahan jadwal penerbangan yang dilakukan oleh maskapai,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge