0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gara-Gara Pencet Jerawat, Gadis Ini Perlu Dioperasi Otaknya

Operasi Xiao Mei. (dok: timlo.net/ nextshark.com )

Timlo.net—Seorang gadis berusia 10 tahun dari Guangzhou, Cina selatan harus menjalani operasi otak. Bagian dari tengkoraknya juga harus diangkat. Semua ini gara-gara ibunya memencet jerawatnya dengan tangan yang tidak bersih.

Menurut media Cina, dokter berhasil menyedot 8 milimeter nanah dari sang gadis yang bernama Xiao Mei. Mereka juga berhasil menyedot bisul dari wilayah telinganya dalam operasi selama lima jam. Operasi dilakukan di The First Affliated Hospital of Jinan University di Guangzhou, Cina, Senin (11/12), tulis Daily Mail.

Bisul itu ditemukan di bawah daun telinga kanan dan berukuran panjang 4,5 cm, lebar 3,5 cm dan ketebalan 3 cm. Xiao Mei mulai mengalami gejala seperti demam, pusing dan kelelahan beberapa minggu lalu. Pada awalnya keluarga gadis itu berpikir dia terkena flu. Tapi kondisinya berubah drastis minggu lalu.

Orang tuanya pada akhirnya memutuskan membawanya ke rumah sakit setelah dia kehilangan selera makan, terus muntah dan sakit kepala selama tiga hari. Xiang Yongsheng, seorang ahli bedah syaraf di rumah sakit itu berkata gadis itu tidak sadar saat di bawa ke rumah sakit.

Dokter itu juga berkata Xiao Mei mengalami tekanan yang sangat tinggi pada tengkoraknya. Serupa dengan gejala awal pendarahan otak. Tapi dalam kasusnya, hal ini disebabkan karena nanah dan materi lain di otaknya berkumpul menjadi satu. Nanah itu berasal dari infeksi jamur atau bakteri.

Untuk mengetahui penyebab infeksi, Xiang bertanya pada ibu Xiao Mei tentang gaya hidup keluarga mereka. Ternyata sang ibu memencet jerawat sang puteri tanpa mencuci tangan terlebih dulu.  Siswi kelas lima SD itu terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus yang kebal dengan Methicillin (MRSA/Methicillin-resistant Staphylococcus aureus). Bakteri itu juga dikenal dengan nama the superbug.

dok: timlo.net/nextshark (wilayah segitiga berbahaya)

Xiang mendorong masyarakat untuk tidak memencet jerawat atau komedo yang terletak di segitiga berbahaya di wajah mereka. Segitiga itu adalah wilayah yang menutup bagian mata, jembatan hidung dan bibir atas. Pembuluh darah di wilayah ini terhubung langsung dengan otak. Itulah sebabnya infeksi itu bisa menyebar ke telinga Xiao Mei dan mengenai otaknya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge