0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa yang Terjadi Saat Tubuh Tidak Tidur Selama Lebih Dari 19 Jam?

Ilustrasi. (Dok: Timlo.net/ Clevelandclinic.org)

Timlo.net—Pernahkan Anda penasaran apa yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda tidak tidur selama berhari-hari? Kita semua pernah mengalami malam-malam tanpa tidur. Hal ini bisa terjadi karena sakit, jetlag, jadwal kerja yang padat atau karena kelahiran anak kita. Beragam penyebab ini memang bisa diterima. Tapi tidak tidur dalam waktu lama memiliki konsekuensi serius. Kebiasaan ini bisa merugikan Anda secara fisik, metal juga emosional.

Ada beberapa penelitian yang menyatakan jika seseorang kekurangan tidur, pikirannya bisa tidur secara otomatis. Padahal orang itu terjaga. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai kekacauan. Berikut ini yang terjadi saat seseorang tidak tidur lebih dari 19 jam:

Tidak tidur selama 36 jam

Semakin lama Anda menekan tubuh dan pikiran Anda, semakin buruk situasi Anda. Tidak tidur selama 36 jam bisa memperparah kondisi Anda. Sebuah penelitian menyatakan tidak tidur selama 36 jam menekan otak dan jantung. Detak jantung dan tekanan darah bertambah tinggi.

Keterampilan kognitif Anda memburuk dan Anda mengalami kesulitan mengenali wajah orang lain. Kemampuan mengingat kata-kata juga menurun. Keterampilan kompleks dan kesehatan Anda juga berada dalam resiko.

Tidak tidur selama 48 jam

Tubuh dan pikiran Anda berada dalam tekanan yang lebih tinggi. Penelitian juga menyatakan jika sel darah putih berkurang drastis jika Anda terjaga selama 48 jam. Selain itu, jumlah nitrogen dalam air kencing juga naik. Hal ini menjadi tanda tubuh Anda berhadapan dengan stres yang lebih tinggi. Tubuh kehilangan kapasitas untuk melawan infeksi dan penyakit. Oleh karena itu Anda lebih rentan terkena penyakit, tulis Times of India.

Tidak tidur selama 72 jam

Anda benar-benar kacau! Terjaga selama 72 jam bisa membuat respons motorik dan mental berada dalam resiko yang lebih tinggi dan tidak stabil. Kemampuan untuk fokus juga naik turun. Anda tidak benar-benar sadar atau tidur. Seseorang yang terjaga selama 72 jam bisa mengalami beberapa pengalaman yang aneh. Mereka bisa berhalusinasi, melihat ilusi, gemetaran, memiliki ingatan yang salah dan nyeri otot. Selain itu, konsentrasi, persepsi dan proses mental lain yang lebih tinggi juga terganggu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge