0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Libur Panjang Akhir Tahun, Penumpang KA Diprediksi Naik Lima Persen

Eko Budiyanto (foto: Setyo)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta memprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang saat periode libur panjang Natal dan Tahun Baru. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik penumpang itu, KAI sudah siapkan sejumlah kereta api (KA) tambahan.

“Pada libur panjang akhir tahun ini kita memprediksi terjadi lonjakan sekitar 4-5 persen jika dibanding tahun lalu,” ujar Humas Manager PT KAI Daop VI Yogjakarta, Eko Budiyanto kepada wartawan, Selasa (12/12).

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik penumpang itu, menurutnya KAI sudah menyiapkan sekitar 3.154 tempat duduk. Penambahan tempat duduk itu dilayani dengan menggunakan sekitar enam KA tambahan, yakni KA Taksaka pagi dan malam, KA Sancaka, KA Lodaya, KA Argo Lawu, dan KA Argo Dwipangga. KA tambahan itu nantinya beroperasi mulai 21 Desember hingga 7 Januari 2018.

“Jika ditambah dengan KA reguler yang ada sekitar 19 rangkaian, maka total tempat duduk yang kita sediakan sebanyak 13.146 seat per hari,” jelasnya.

Tidak hanya melakukan penambahan armada, Eko juga menyampaikan untuk memaksimalkan operasional KA railbus Batara Kresna relasi Solo-Wonogiri, pihaknya juga akan melakukan perawatan. Dengan upaya yang dilakukan itu, diharapkan layanan yang diberikan oleh PT KAI dapat lebih maksimal.

“Untuk KA Railbus Batara Kresna minggu ini akan kita lakukan perbaikan. Tujuannya pada saat periode libur akhir tahun nanti bisa lebih maksimal dalam melayani para penumpang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge