0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan Kemampuan, Damkar Gelar Latihan Gabungan

Satuan Polisi Pamong Praja Bidang Pemadam kebakaran menggelar latihan gabungan antara petugas Damkar Sukoharjo dengan Damkar kabupaten Klaten (foto: Putra Kurniawan)

Sukoharjo – Satuan Polisi Pamong Praja Bidang Pemadam kebakaran menggelar latihan gabungan antara petugas Damkar Sukoharjo dengan Damkar kabupaten Klaten. Dengan latihan gabungan ini diharapkan bisa saling berbagi pengalaman dan meningkatkan kapasitas petugas dalam menjalankan tugasnya.

“Latihan gabungan ini diadakan berkaitan dengan kegiatan pengurangan resiko bencana maupun musibah, khususnya kebakaran. Selain itu diharapkan dengan latgab ini terbentuk mekanisme penanganan kebakaran secara terpadu,” kata Kabid Damkar Satpol PP, Margono, Selasa (12/12).

Dalam latgab kali ini diikuti 30 orang anggota damkar dari kedua kabupaten, 20 orang personel dari Sukoharjo dan 10 orang personel dari kabupaten Klaten. Materi dibagi mejadi dua kelas. Yang pertama materi kelas sebagai dasar teknik untuk pelaksanaan tugas di lapangan, yakni simulasi smoke chamber dan simulasi fire ground.

Latgab berlangsung dua hari, Senin dan Selasa dengan materi akhir simulasi membuat formasi dalam menjinakkan api di lapangan terbuka dan penanganan asap di dalam ruangan. Simulasi dilakukan mirip dengan kondisi asli, sehingga membutuhkan strategi dan formasi yang tepat untuk menjinakkan api.

“Kita membuat simulasi semirip mungkin dengan kondisi aslinya, sehingga cukup menantang dan menjadikan pengalaman baru bagi sebagian anggota. Di sini sangat dibutuhkan adanya kordinasi dan kerjasama tim yang baik dalam setiap menjalankan tugas,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge