0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Desember, Inflasi Solo Diprediksi Tembus 0,40 Persen

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo memprediksi angka inflasi selama Desember lebih tinggi jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kondisi itu dipicu karena factor cuaca, sehingga dianggap dapat mempengaruhi komponen pengeluaran yang berasal dari volatile food atau harga bergejolak.

“Kalau Desember tahun lalu angka infasi diangka 0,30 persen. Pada periode akhir tahun ini kita prediksi lebih tinggi atau sekitar 0,40 persen,” ujar Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Senin (11/12).

Tingginya angka inflasi pada periode akhir tahun itu, menurutnya lebih banyak karena dipengaruhi factor cuaca. Sehingga menyebabkan hasil produksi dari para petani tidak maksimal, dan pasokan ditingkat pengecer menjadi berkurang. Akibatnya harga menjadi tidak terkendali.

Sementara untuk menyikapi kondisi itu, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah stake holder. Dengan harapan dapat memaksimalkan program 5K, yakni ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, komunikasi serta koordinasi untuk menjaga ekspektasi masyarakat.

“Selain itu operasi pasar juga akan kita lakukan jika memang diperlukan. Termasuk koordinasi dengan para maskapai dan KAI. Hal itu karena kenaikan tarif transportasi pada saat kondisi peak season pada bulan sebelumnya cukup signifikan mendongkrak laju inflasi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge