0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bupati Minta Awasi Penerima Bantuan Ternak

(Bupati Juliyatmono di penyaluran bantuan ternak. (foto:Raymond) )

Karanganyar – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Karanganyar diminta tidak menghentikan pengawasan sampai penyaluran bantuan modal beternak saja. Namun juga perlu meninjau ke lokasi.

“Mohon dicek lagi laporan dari mantri ternak, khususnya sapi bantuan yang mati. Sebab jarang sekali sapi sakit sampai mati. Apakah itu (modus) menjualnya?” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam acara penyerahan bantuan hibah kelompok ternak tahap III di aula Bank Jateng, Jumat (8/12).

Tim Disnakkan tak boleh hanya berhenti pada proses verifikasi berkas administrasi kelompok ternak. Namun juga mengeceknya berkala ke lokasi. Ia pernah mendapati ternak diterima oleh penerima salah sasaran.

“Pernah terjadi orang perumahan mendapat bantuan sapi. Lha ngupenine arep nangendi (Nanti memeliharanya dimana?). Ini pentingnya mengecek sampai apakah memiliki kandang komunal? Tak hanya dinas mengawasi, namun juga pak lurah,” pintanya.

Sementara itu dalam program tersebut, sebanyak 130 kelompok ternak dikucuri bantuan Rp 7,7 miliar bersumber APBD 2017. Dalam tiga tahap penyaluran, bantuan itu telah diterima 25 kelompok di tahap I senilai Rp 1,9 miliar, tahap II Rp 2,09 miliar ke 28 kelompok dan tahap III Rp 1,280 miliar ke 24 kelompok. Sisanya akan dicairkan sebelum tutup tahun anggaran 2017.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge