0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Bencana, Polres Gelar Apel Kesiapsiagaan

Pengecekan peralatan sebagai antisipasi terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem di Polres Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Polres Boyolali menggandeng berbagai unsur dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam. Langkah ini dilakukan menyusul kondisi cuaca yang ekstrem di wilayah Boyolali, ditandai dengan curah hujan dengan intensitas tinggi.

“Kita lakukan pengecekan kesiapsiagaan semua elemen, termasuk alat dan personel,” kata Wakapolres Boyolali, Kompol Zulfikar Iskandar, Rabu (29/11).

Berbagai elemen yang dilibatkan seperti TNI, PMI dan relawan yang terlibat dalam penanganan bencana. Dijelaskan Wakapolres, kondisi cuaca yang ekstrem memicu terjadinya bencana alam. Seperti tanah longsor dan angin ribut.

“Kita siapkan sedini mungkin, sehingga bila terjadi bencana bisa langsung tertangani dengan cepat,” imbuhnya.

Sementara untuk Polres Boyolali, unit SAR Polisi memiliki 42 anggota dengan kemampuan setara dengan unit SAR BPBD Boyolali. Tim SAR Polisi khusus untuk penanganan dan evakuasi kebencanaan. Untuk peralatan yang dimiliki, diantaranya dua buah perahu karet, pelampung, gergaji mesin, dan berbagai peralatan SAR lain.

“SAR Polisi dan SAR BPBD memiliki kemampuan sama, mereka pernah dilatih di MAKO Brimob,” lanjutnya.

Untuk masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di daerah rawan bencana, seperti di perbukitan dan pinggir sungai, diimbau lebih meningkatkan kewaspadaan.

“Bila cuaca memburuk, segera berlindung ke tempat yang aman,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge