0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gunung Agung Erupsi, Begini Dampak Bagi Pariwisata di Bali

Gunung Agung erupsi tadi pagi (istimewa)

Timlo.net – Peristiwa bencana alam erupsi Gunung Agung ternyata membawa dampak negatif bagi aktivitas warga Bali. Terutama di sektor pariwisata yang menjadi andalan warga Pulau Dewata itu. Wisatawan yang sudah memesan tempat, terpaksa membatalkan kunjugannya. Selain itu, restoran dan rumah makan sepi pengunjung.

”Tamu-tamu yang hendak datang banyak yang menunda keberangkatannya ke Bali. Yang sudah booking juga banyak yang diundur. Ya kalau di kalkulasi ada sekitar 50 persen lah. Kalau yang sudah terlanjut di sini, ada juga yang memperpanjang karena kembali ke negaranya juga nggak bisa,” ungkap seorang pelaku usaha pariwisata yang tinggal di Ubud, Bali, Ambarwati, saat berbincang dengan Timlo.net melalui aplikasi Whatsapp, Minggu (26/11) pagi.

Dia mengakui, kerugian akibat kondisi ini belum begitu dirasakannya. Jumlah tamu yang datang pada bulan November belum begitu banyak. Sedangkan  untuk bulan Desember sudah full booking bahkan over. Namun lantaran banyak tamu yang menunda kedatangannya, maka dipastikan omset akhir tahun bakal berkurang.

Dampak seperti ini, lanjut dia, juga sangat dirasakan oleh artshop dan toko oleh-oleh yang ada di kawasan tersebut. Setiap hari biasanya ramai pengunjung, kini sepi. Bahkan restoran dan rumah makan yang biasanya ramai, juga merasakan kondisi yang sama.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge