0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Temukan Cara Masak Jamur yang Paling Tepat

Jamur kancing putih. (dok: timlo.net/ thejakartapost.com)

Timlo.net—Jamur kaya serat, vitamin, mineral, protein dan rendah lemak dan kalori. Menurut penelitian sebelumnya, jamur bisa membantu diet karena sama mengenyangkannya dengan daging. Mengkonsumsi jamur yang sudah dimasak adalah cara yang paling tepat. Hal ini karena jamur mentah tidak bisa dicerna dengan baik sebab memiliki dinding sel yang keras, tulis Times of India.

Ada banyak cara untuk memasak jamur mulai dari menggoreng di wajan, merebus, membakar hingga dengan microwave. Sebuah penelitian diterbitkan di the Internal Journal of Food Sciences mengevaluasi jamur yang dimasak dengan beragam teknik berbeda. Termasuk di antaranya dengan merebus, membakar dan menggoreng. Jamur yang digunakan merupakan jenis jamur yang umum dkonsumsi seperti jamur kancing, oyster, king oyster dan shiitake. Para peneliti lantas menguji nilai nutrisi jamur-jamur itu yang dimasak dengan cara berbeda.

Penelitian itu menyimpulkan jika memasak dengan microwave atau membakar jamur menyimpan nilai nutrisi dalam jumlah tertinggi. Terutama bila dibandingkan dengan mengolah jamur dengan cara merebus dan menggoreng. Dalam kedua cara itu, jamur kehilangan sebagian besar vitamin dan mineral. Menggoreng sendiri dikenal sebagai teknik memasak yang menghancurkan nilai nutrisi makanan karena menggunakan suhu tinggi. Dengan membakar atau menggunakan microwave, senyawa antioksidan pada jamur tidak hilang. Protein di dalam jamur juga tetap utuh.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge